Tips Perawatan Untuk Motor Matic

Berita Otomotif Tips Perawatan Untuk Motor Matic. Seperti yang telah kamu ketahui, di Indonesia ini pengguna motor memang sangat banyak, apalagi motor matic yang saat ini juga menjadi kendaraan pilihan masyarakat karena selain mudah digunakan desainnya pun sangat bagus dan juga bervareasi. Sehingga kini motor matic menjadi primadona bagi kalangan rider. Selain itu juga tidak heran bahwa sekarang ini pun telah banyak sekali pabrik motor yang saling berlomba – lomba memasarkan motor maticnya.

Namun disisi lain kebanyakan orang hanya bisa mengendarainya saja tapi kurang memperhatikan soal perawatan motor tersebut, seperti yang kita tahu bahwa semua benda pastinya akan awet apabila kita rawat dengan rutin dan juga benar, apabila tidak tentunya akan sebaliknya hingga pada akhirnya terjadilah kerusakan. Nah berita otomotif kali ini akan membahas pentingnya melakukan perawatan agar motor tetap awet dan terhindar dari kerusakan, nah berikut ulasannya.

Mengganti Oli Secara Rutin

Ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan soal motor matic ataupun jenis motor apapun. Sebagai berita otomotif, perawatan motor jenis matic ini memang sangatlah penting salah satunya adalah jadwal penggantian oli. Umumnya penggantian oli tersebut dilakukan setiap 1000 km serta penggantian olo transmisi motor maksimal pada saat motor sudah mencapai 5000 km. Selain itu jika acuan kilometer untuk mengganti oli lupa. Alangkah baiknya kamu mesti melakukan perawatan secara rutin setiap 2 hingga 3 bulan sekali. Selain itu juga kamu jangan lupa untuk mengganti oli yang sesuai dengan jeni motor kamu.

Memanaskan Mesin Saat Pagi

Nah di poin yang satu ini sering kali diabaikan oleh kebanyakan orang, padahal hal sepele tersebut tentunya berpengaruh besar pada kinerja motor kamu sendiri. Oleh karena itu panaskanlah mesin supaya oli mesin tersebut siap melumasi mesin sehingga kinerja dari mesin tersebut dapat maksimal. Cara memanaskan yang baik tentunya kurang lebih dari 5 menit hingga 10 menit. Disisi lain memanaskannya juga lebih baik menggunakan kick starter saja apabila menggunakan starter elektrik pastinya akan mengurangi baterai pada motor yang kamu miliki.

Perawatan Aki

Selain itu sebagai berita otomotif hal ini pun terkadang sering lupa. Namun disisi lain tak mudah juga untuk bisa mengetahui bagaimana kondisi aki yang ada pada motor kamu, sehingga tidak heran beberapa orang ada yang mengalami mati aki. Nah apabila hal tersebut terjadi maka motor kamu akan kehilangan powernya selain itu juga berpengaruh pada lampu motor yang cahayanya berkurang serta untuk menghidupkannya juga kita mesti menggunakan kick starter. Oleh karena itu sebaiknya kamu ganti oli dalam waktu 7 atau 8 bulan setelah penggantian terakhir.

Demikian berita otomotif tentang merawat motor matic. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *